berAKHLAK removebg previewheader ms kutacane 2021

Putusan Majelis Kehormatan Hakim

on .

                        PUTUSAN MAJELIS KEHORMATAN HAKIM (MKH) TERHADAP PELANGGARAN

                                       HAKIM MAHKAMAH SYAR'IYAH KUTACANE KELAS II

                                                                       TAHUN 2022

                                       

No

Materi

Nama/Inisial

Jenis Hukuman

Peraturan Yang Dilanggar

Putusan MKH

Berat

Sedang

Ringan

1.

Pelanggaran Kode Etik atau Pedoman Perilaku Hakim

-

-

-

-

-

NIHIL

2.

Penyalahgunaan Wewenang/Jabatan

-

-

-

-

-

NIHIL

3.

Pelanggaran Sumpah Jabatan

-

-

-

-

-

NIHIL

4.

Pelanggaran Terhadap Peraturan Disiplin PNS

-

-

-

-

-

NIHIL

5.

Perbuatan Tercela

-

-

-

-

-

NIHIL

6.

Pelanggaran Hukum Acara

-

-

-

-

-

NIHIL

7.

Mal Administrasi

-

-

-

-

-

NIHIL

8.

Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan

-

-

-

-

-

NIHIL

T O T A L

0

0

0

0

0

NIHIL

 

                                                            kutacane, 30 Juni 2022

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                            HENI NURLIANA, S.Ag., M.H.

 

 

 

 

 

 

                        PUTUSAN MAJELIS KEHORMATAN HAKIM (MKH) TERHADAP PELANGGARAN

                                       HAKIM MAHKAMAH SYAR'IYAH KUTACANE KELAS II

                                                                       TAHUN 2021

                                       

No

Materi

Nama/Inisial

Jenis Hukuman

Peraturan Yang Dilanggar

Putusan MKH

Berat

Sedang

Ringan

1.

Pelanggaran Kode Etik atau Pedoman Perilaku Hakim

-

-

-

-

-

NIHIL

2.

Penyalahgunaan Wewenang/Jabatan

-

-

-

-

-

NIHIL

3.

Pelanggaran Sumpah Jabatan

-

-

-

-

-

NIHIL

4.

Pelanggaran Terhadap Peraturan Disiplin PNS

-

-

-

-

-

NIHIL

5.

Perbuatan Tercela

-

-

-

-

-

NIHIL

6.

Pelanggaran Hukum Acara

-

-

-

-

-

NIHIL

7.

Mal Administrasi

-

-

-

-

-

NIHIL

8.

Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan

-

-

-

-

-

NIHIL

T O T A L

0

0

0

0

0

NIHIL

 

                                                            kutacane, 31 Desember 2021

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                            HENI NURLIANA, S.Ag., M.H.

 

 

 

 

 

 

                        PUTUSAN MAJELIS KEHORMATAN HAKIM (MKH) TERHADAP PELANGGARAN

                                       HAKIM MAHKAMAH SYAR'IYAH KUTACANE KELAS II

                                                                       TAHUN 2020

                                       

No

Materi

Nama/Inisial

Jenis Hukuman

Peraturan Yang Dilanggar

Putusan MKH

Berat

Sedang

Ringan

1.

Pelanggaran Kode Etik atau Pedoman Perilaku Hakim

-

-

-

-

-

NIHIL

2.

Penyalahgunaan Wewenang/Jabatan

-

-

-

-

-

NIHIL

3.

Pelanggaran Sumpah Jabatan

-

-

-

-

-

NIHIL

4.

Pelanggaran Terhadap Peraturan Disiplin PNS

-

-

-

-

-

NIHIL

5.

Perbuatan Tercela

-

-

-

-

-

NIHIL

6.

Pelanggaran Hukum Acara

-

-

-

-

-

NIHIL

7.

Mal Administrasi

-

-

-

-

-

NIHIL

8.

Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan

-

-

-

-

-

NIHIL

T O T A L

0

0

0

0

0

NIHIL

 

                                                            kutacane, 31 Desember 2020

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                            HENI NURLIANA, S.Ag., M.H.

 

 

 

 

 

 

 

 

Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan

on .

                       JUMLAH HAKIM DAN PEGAWAI YANG DIJATUHI HUKUMAN DISIPLIN

                                        PADA MAHKAMAH SYAR'IYAH KUTACANE KELAS II

                                                                     

TAHUN 2022

NO BULAN JENIS PELANGGARAN JENIS HUKUMAN JUMLAH
1 Januari Nihil Nihil Nihil
2 Februari Nihil Nihil Nihil
3 Maret Nihil Nihil Nihil
4 April Nihil Nihil Nihil
5 Mei Nihil Nihil Nihil
6 Juni Nihil Nihil Nihil
7 Juli Nihil  Nihil  Nihil
8 Agustus  Nihil Nihil  Nihil 
9 September  Nihil Nihil  Nihil 
10 Oktober  Nihil Nihil  Nihil 
11 November  Nihil Nihil   Nihil
12 Desember  Nihil Nihil   Nihil

 

 

                                                                Kutacane, 30 Juni 2022

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                           HENI NURLIANA, S.Ag., M.H.

 

 

 

                       JUMLAH HAKIM DAN PEGAWAI YANG DIJATUHI HUKUMAN DISIPLIN

                                        PADA MAHKAMAH SYAR'IYAH KUTACANE KELAS II

                                                                     

TAHUN 2021

NO BULAN JENIS PELANGGARAN JENIS HUKUMAN JUMLAH
1 Januari Nihil Nihil Nihil
2 Februari Nihil Nihil Nihil
3 Maret Nihil Nihil Nihil
4 April Nihil Nihil Nihil
5 Mei Nihil Nihil Nihil
6 Juni Nihil Nihil Nihil
7 Juli Nihil Nihil Nihil
8 Agustus Nihil Nihil Nihil
9 September Nihil Nihil Nihil
10 Oktober Nihil Nihil Nihil
11 November Nihil Nihil Nihil
12 Desember Nihil Nihil Nihil

 

 

                                                                Kutacane, 31 Desember 2021

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                           HENI NURLIANA, S.Ag., M.H.

 

 

 

                        JUMLAH HAKIM DAN PEGAWAI YANG DIJATUHI HUKUMAN DISIPLIN

                                        PADA MAHKAMAH SYAR'IYAH KUTACANE KELAS II

                                                                     

TAHUN 2020

NO BULAN JENIS PELANGGARAN JENIS HUKUMAN JUMLAH
1 Januari Nihil Nihil Nihil
2 Februari Nihil Nihil Nihil
3 Maret Nihil Nihil Nihil
4 April Nihil Nihil Nihil
5 Mei Nihil Nihil Nihil
6 Juni Nihil Nihil Nihil
7 Juli Nihil Nihil Nihil
8 Agustus Nihil Nihil Nihil
9 September Nihil Nihil Nihil
10 Oktober Nihil Nihil Nihil
11 November Nihil Nihil Nihil
12 Desember Nihil Nihil Nihil

 

 

                                                            kutacane, 31 Desember 2020

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                             HENI NURLIANA, S.Ag., M.H.

 

 

 

 TAHUN 2019

NO

BULAN

JENIS PELANGGARAN

JENIS HUKUMAN

JUMLAH

1

Januari

Nihil

Nihil

Nihil

2

Februari

 Nihil

 Nihil

 Nihil

3

Maret

 Nihil

 Nihil

 Nihil

4

April

Nihil 

Nihil 

Nihil 

5

Mei

Nihil

Nihil

Nihil

6

Juni

Nihil

Nihil

Nihil

7

Juli

 Nihil

 Nihil

 Nihil

8

Agustus

Nihil

Nihil

Nihil

9

September

Nihil

Nihil

Nihil

10

Oktober

Nihil

Nihil

Nihil

11

Nopember

 Nihil

 Nihil

 Nihil

12

Desember

 Nihil

 Nihil

 Nihil

 

                                                            kutacane, 31 Desember 2019

                                                      Ketua Mahkamah Syar’iyah Kutacane

                                                                              Dto

                                                    MAMAN ABDUR RAHMAN, S.H.I., M.Hum

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengertian Mediasi di Pengadilan

on .

Pengertian Mediasi

Mediasi di Pengadilan Agama adalah suatu proses usaha perdamaian antara suami dan istri yang telah mengajukan gugatan cerai, dimana mediasi ini dijembatani oleh seorang Hakim yg ditunjuk di Pengadilan Agama.Proses mediasi ini dapat dikatakan baru dilaksanakan dalam Pengadilan Agama pada tahun 2008 berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

Secara detail tentang mediasi dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Pada saat sidang pertama, majelis Hakim akan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan dalam persidangan, seperti: kelengkapan surat gugatan, surat kuasa, surat panggilan para pihak, dsb. Selanjutnya Hakim akan menjelaskan bahwa sesuai prosedur dimana sebelum dijalankannya proses cerai maka para pihak diwajibkan mengadakan mediasi. Kemudian Hakim bertanya apakah para pihak mempunyai mediator? jika tidak maka Hakim akan menentukan seorang mediator untuk memimpin mediasi para pihak
  2. Majelis Hakim kemudian menentukan Hakim lain untuk menjadi mediator dalam pelaksanaan mediasi tersebut
  3. Mediasi dilakukan di ruang khusus di Pengadilan Agama tersebut
  4. Umumnya mediasi dilakukan maksimal 2 kali
  5. Bila dalam mediasi tidak tercapai perdamaian/rujuk, maka barulah proses perkara perceraian dapat dilaksanakan

 

Jangka Waktu Penyelesaian

on .

Jangka Waktu Penyelesaian Layanan Informasi

Berdasarkan SK KMA RI Nomor 026 Tahun 2009, Jangka waktu penyelesaian pelayanan Informasi :

  1. Pengadilan wajib memberikan informasi yang diminta selambat-lambatnya dalam jangka waktu 13 (tiga belas) hari kerja sejak permohonan informasi dimohonkan.
  2. Pengadilan dapat meminta perpanjangan waktu bila diperlukan proses pengaburan informasi atau informasi yang diperlukan sulit ditemukan atau memiliki volume besar sehingga memerlukan waktu untuk menggandakannya.
  3. Pemohon dapat mengajukan keberatan jika Pengadilan menolak permohonan informasi yang diajukan, paling lambat 5 (lima) hari melalui meja informasi.

 

Jangka Waktu Penyelesaian Pengaduan Keberatan Informasi

Setiap Pemohon Informasi berhak mengetaui mekanisme penyelesaian pengaduan dan keberatan terkait dengan pelayanan informasi. Berdasarkan pasal 37, 38, dan 39 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang prosesnya sebagai berikut :

Penyelesaian Sengketa Melalui Komisi Informasi

Pasal 37

  1. Upaya penyelesaian sengketa informasi publik diajukan oleh komisi informasi pusat dan/atau Komisi Informasi provinsi dan/atau Komisi Informasi kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya apabila tanggapan atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam proses keberatan tidak memuaskan Pemohon Informasi Publik.
  2. Upaya penyelesaian Sengketa Informasi Publik diajukan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari atasan pejabat sebagaimanadimaksud dalam Pasal 36 ayat (2).

Pasal 38

  1. Komisi Informasi Pusat dan Komisi Informasi provinsi dan/atau Komisi Informasi kabupaten/kota harus mulai mengupayakan penyelesaian Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi nonlitigasi paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah menerima permohonan penyelesaian Sengketa Informasi Publik.
  2. Proses penyelesaian sengketa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling lambat dapat diselesaikan dalam waktu 100 (seratus) hari kerja.

Pasal 39

Putusan Komisi Informasi yang berasal dari kesepakatan melalui Mediasi bersifat final dan mengikat.

Tata Cara Pengajuan

on .

TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN INFORMASI

  1. Syarat dan Prosedur Pengajuan
    1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:
      1. Adanya penolakan atas permohonan informasi;
      2. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala;
      3. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
      4. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
      5. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
      6. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
      7. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.
    2. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
  2. Registrasi
    1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan (Format Formulir Keberatan dalam Lampiran IX).
    2. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
    3. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan (Format Register Keberatan dalam Lampiran X) dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.
  3. Tanggapan Atas Keberatan
    1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
    2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :
      1. Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
      2. Nomor surat tanggapan atas keberatan;
      3. Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut :
        1. Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
        2. Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbanganyang jelas;
        3. Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
        4. Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
        5. Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi (Format Surat Tanggapan Atas Keberatan dalam Lampiran XI).
    3. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.